Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji Mansyur

152 views
Jakarta – Asinan Betawi termasuk jajanan yang digemari banyak orang. Jika mencari asinan yang segarnya bikin melek, mampirlah ke Asinan Kamboja.

Sesuai dengan namanya, penjual asinan ini berada di Jalan Kamboja, Rawamangun, Jakarta Timur. Padahal sebenarnya nama aslinya adalah Asinan Betawi H. Mansyur.

Karena banyak yang melabeli asinan ini sebagai yang terenak di Jakarta, kami penasaran dengan rasanya. Sekaligus ingin membuktikan rasa segar asam pedas asinan sayur dan buah yang terkenal.

Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji MansyurFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Kabarnya, dahulu untuk membeli asinan ini harus rela antre berjam-jaam. Tak mau terjebak antrean, kami datang lebih awal. Benar saja, warung asinan ini masih relatif sepo, ada beberapa pembeli namun tidak berjejal.

Langsung saja kami masuk ke warung yang bagian depannya ditaruh rak kaca berisi penuh asinan yang sudah dibungkus rapi.

Hanya ada dua varian asinan yakni asinan sayur (Rp 16.000) dan buah (Rp 17.000), kampuni memesan keduanya.

Warung ini juga menyediakan tempat untuk pembeli yang ingin makan di tempat. Tak lama, pesanan kami datang. Asinan sayur dengan kuah kemerahan yang tampak menggenang di mangkuk.

Pertama kami coba kuahnya, rasanya pedas segar dengan sedikit rasa asam kecut. Sayurannya seperti kol, mentimun, selada dan tahu putih tersaji segar. Teksturnya renyah sehingga saat dikunyah terdengar kriuk-kriuk. Mantap!

Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji MansyurFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Berbeda dengan asinan sayur umumnya, kuah atau saus kacang racikan Haji Mansyur ini sangat halus teksturnya. Sedikit berminyak, bisa jadi dimasak dulu. Rasa pedas, gurih dan asamnya sangat seimbang.

Sebagai pelengkap, asinan sayur diberi taburan kacang tanah goreng serta kerupuk mie dan kerupuk merah muda. Jika suka pedas, coba tambahkan sambal yang sengaja disajikan terpisah.

Tampilan asinan buah agak berbeda. Kuahnya lebih bening kemerahan dengan aroma pedas asam yang kuat. Berisi nanas, mangga muda, kedondong, mentimun dan bangkuang. Semua buah dipotong dan dicampur. Asinan buah tidak disajikan dengan kacang tanah goreng dan kerupuk.

Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji MansyurFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Rasanya asam segar kecut. Ditambah kombinasi rasa dan tekstur bebuahan yang berbeda satu sama lainnya. Meskipun terendam kuah, buah-buahan ini tidak lantas menjadi layu. Tekstur dan rasanya masih segar bahkan saat asinan sudah dibawa pulang.

Kedua asinan ini paling nikmat disantap saat siang hari. Mata yang kantuk bisa langsung kembali melek. Untuk asinan sayuran, makin lama direndam akan makin sedap. Apalagi jika kerupuk mienya sudah setengah basah. Juara!

Usai menyantap asinan ini, kami diberi kesempatan untuk mengintip dapurnya. Bumbu asinan disiapkan dalam wadah besar. Saat ada pembeli, komposisi buah atau sayur langsung diracik dan disiram kuah asinan.

Asinan Kamboja : Ini Dia Asinan Sayur dan Buah Khas Betawi Legendaris Punya Haji MansyurFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Sementara sayuran dan buah disiapkan dalam wadah terpisah. Semuanya tampak segar karena disiapkan di hari yang sama. Menurut penjualnya, dalam sehari minimal terjual 100 bungkus asinan sayur dan 100 bungkus asinan buah. Jumlahnya akan berkali lipat saat akhir pekan.

Tergoda dengan kesegarannya? Yuk sambangi langsung warung asinan kamboja atau gunakan bantuan ojek online untuk pembelian yang lebih praktis.

Asinan Kamboja
Jl. Taman Kamboja III no. 10, Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon : (021) 4707242

(dvs/odi)


Sumber Berita

قالب وردپرس

author
Media Online yang menyediakan Berita serta Liputan yang Akurat dan Fakta secara Cepat

Related Post

Leave a reply