Bos Apple: Pemindai Wajah di Android Belum Benar-benar Berguna

81 views

Hingga saat ini iPhone X dari Apple masih tercatat sebagai smartphone dengan fitur face detection (Face ID) tercanggih. Apple memang berhasil membuat perubahan besar dengan berani meninggalkan tombol fisik Home plus sensor fingerprint yang sudah bertahun-tahun diandalkan.

Dan seperti yang sudah-sudah, biasanya bakal ada produsen smartphone Android yang tertarik untuk mengalahkan atau setidaknya membuat saingan Face ID dari Apple. Sejauh ini memang sudah banyak smartphone Android yang membawa fitur face detection. Tapi tak sebaik milik iPhone X.

Pasalnya metode yang digunakan memang jelas berbeda. Apple menyematkan berbagai sensor khusus untuk Face ID, sementara smartphone Android hanya mengandalkan kamera depan saja untuk menopang face detection. Jadi tak heran jika hasilnya berbeda.

Menanggapi hal ini, Chief Marketing Officer Apple, Phill Schiller, memberikan pendapatnya. Saat ditanya soal fitur face detection pada smartphone Android oleh salah satu website asal Belanda, Bright.nl, ia menegaskan kalau fitur tersebut belum benar-benar berhasil, berguna, dan disukai.

Ia menambahkan, selain belum bisa berfungsi sebaik Face ID, fungsi face detection pada smartphone Android juga belum bervariasi. Fitur ini belum bisa dipakai sebagai metode keamanan untuk pembayaran. Jadi dengan kata lain belum benar-benar bisa menggantikan fingerprint.

Nah, menarik untuk disimak apakah nantinya para produsen smartphone Android bakal mengikuti tren Face ID dengan meningkatkan kemampuan fitur face detection pada smartphone buatannya atau tidak.

Namun yang pasti, produsen raksasa asal Cina, Huawei, saat ini sedang menggarap teknologi pesaing Face ID. Teknologi pemindai wajah tersebut sekilas bakal punya fitur dan fungsi seperti Face ID dan diyakini bakal disematkan pada flagship P11 awal tahun depan.


Sumber Berita

قالب وردپرس

author
Media Online yang menyediakan Berita serta Liputan yang Akurat dan Fakta secara Cepat

Related Post

Leave a reply