Diet Sehat Berdasarkan Golongan Darah

33 views

Lektin (bahasa Inggris: Lectin) adalah protein mengikat sel tubuh pada glikoprotein dan glikolipid yang terekspresi pada permukaan sel, khususnya pada molekul glukosanya; dan memiliki kemampuan untuk membuat sel tersebut menggumpal.[1] (dikutip dari Wikipedia) 

Lektin bersifat anti-nutrisi dan tidak mudah hancur oleh asam lambung atau enzim pencernaan, juga mengganggu proses pencernaan itu sendiri , karena lektin dapat terikat pada lapisan glycocalyx pada microvilli dari interstinum yang menghambat menghambat penyerapan makanan.

Tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Simak perbedaan menu diet sehat berdasarkan golongan darah berikut ini.

– Golongan Darah A
Disarankan untuk menerapkan pola makan vegetarian alias menu sayuran sebagai bahan pangan utama. Selain itu biji-bijian yang kaya protein seperti kacang kedelai bisa dijadikan pelengkapnya. Hindari mengonsumsi soda, produk susu, produk olahan daging, serta umbi-umbian untuk mencegah gangguan pencernaan.

-Golongan Darah B
Pilihan terbaik untuk golongan darah B antara lain sayur hijau, telur, daging, dan produk olahan susu rendah lemak. Hindari konsumsi ayam, jagung, tomat dan wijen. Olahraga intensitas sedang seperti berjalan dan mendaki dapat dilaksanakan untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh.

-Golongan Darah O

Kebalikan dari golongan darah A, sangat disarankan bagi golongan darah O mengonsumsi makanan berprotein hewani tinggi seperti daging unggas. Disarankan juga untuk mengimbanginya dengan olahraga intensitas tinggi, contohnya berlari.

-Golongan Darah AB

Nasi, tepung beras, telur, beras basmati, beras merah, keju dan roti tawar bisa menjadi menu utama bagi orang bergolongan darah AB.Selain itu , hati sapi, burung puyuh, ikan salmond, cumi dan ikan kakap adalah makanan yang netral bagi golongan darah ini. Hindari konsumsi kerang, keju , kacang hazel, lada hitam dan es krim yang dapat mengganggu pencernaan. Yoga adalah jenis olahraga yang disarankan untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh orang dengan golongan darah AB.

Semua menu diatas merupakan bahan pangan yang dapat kita jumpai sehari-hari dengan mudah. Dengan menerapkan pola makan yang benar, kebutuhan nutrisi kita dapat terpenuhi sekaligus membantu kita mengurangi produksi lemak berlebih pada tubuh akibat konsumsi makanan yang sulit dicerna oleh golongan darah kita.

(cr:berbagai sumber)



kamu juga
bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta
rupiah setiap bulannya,


Sumber Berita

قالب وردپرس

author
Media Online yang menyediakan Berita serta Liputan yang Akurat dan Fakta secara Cepat

Related Post

Leave a reply