Gara-gara Kawat Gigi, Remaja Cantik Ini Stroke dan Harus Operasi Jantung

28 views
Hull
Berawal dari jadwal rutin ke dokter untuk mengencangkan kawat gigi, remaja ini terancam kehilangan nyawa yang mengubah hidupnya untuk selamanya.

Leah Kitchen, remaja berusia 15 tahun mengunjungi dokter gigi untuk mengencangkan kawat giginya. Keluar dari klinik, remaja asal Hull, Inggris, ini tidak mendapati ada masalah pagi gigi maupun tubuhnya.

Namun satu minggu kemudian, Leah merasa tak enak badan. Ia mengalami demam, sakit kepala, nyeri pada persendian dan otot serta muntah-muntah. Setelah cek, dokter hanya mendiagnosa sakit flu dan memberikannya resep obat.

Leah pun kembali ke rumah. Tapi ia kembali demam dan gejala-gejala tersebut muncul lagi. Setelah diperiksa lagi, para dokter tetap mendiagnosa kalau Leah hanya terkena flu.

Andrea, ibu Leah, mulai khawatir dengan kondisinya setelah ia menyadari kepribadian putrinya berubah drastis. Secara mental, kondisi putrinya itu memburuk.

Baca Juga: Jangan Jorok, Perhatikan Do’s & Don’ts Saat Pakai Kawat Gigi

Leah juga mengalami dua kali stroke kecil yang semakin memperparah keadaannya. Ia menjadi sering kebingungan dan lupa setiap waktu.

Gara-gara Kawat Gigi, Remaja Cantik Ini Stroke dan Harus Operasi JantungLeah Kitchen. Foto: Dok. Metro.co.uk

“Dia bertanya sejak kapan kami beli mesin cuci dan karpet baru. Lalu aku membawanya ke rumah sakit Hull Royal untuk CRP (C-reactive protein, tes darah untuk mengetahui adanya peradangan pada tubuh). Levelnya seharusnya nol, tapi ini 260,” jelas Andrea, seperti dikutip dari Viral 4 Real.

Dokter kemudian melakukan tes lagi dan menduga Leah terkena meningitis. Namun pemeriksaan lumbar tulang belakang dan MRI tidak menemukan adanya infeksi meningitis, tapi infeksi lain yang mengejutkan.

“Mereka menemukan infeksi di tulang belakang sampai otak yang membuatnya terkena stroke kecil itu. Mereka juga mendapati adanya vegetasi di jantungnya dari besi pada kawat giginya –yang pastinya sangat tajam– dan mengalir ke otak. Itulah yang membuatnya sering bingung,” cerita Andrea.

Alih-alih flu dan meningitis, akhirnya ditemukan penyebab Leah mengalami gejala-gejala tersebut. Dokter mendiagnosa penyakit Leah adalah endocarditis-a. Kondisi langka dan infeksi yang berpotensi fatal pada dinding jantung.

Endocarditis-a umumnya disebabkan oleh bakteri yang memasuki aliran darah dan bergerak ke jantung. Keluarga Leah yakin bahwa metal dari kawat gigi Leah telah mendorong bakteri masuk ke pembuluh darahnya, mengakibatkan infeksi mematikan.

Gara-gara Kawat Gigi, Remaja Cantik Ini Stroke dan Harus Operasi JantungLeah Kitchen dan ibunya, Andrea. Foto: Dok. Metro.co.uk

Andrea mengaku trauma dengan kejadian yang dialami putrinya. Ia tidak pernah menyangka hal yang terkesan sepele bisa mengancam nyawa anak kesayangannya itu.

Baca Juga: Pakai Kawat Gigi Jadi Culun? Tengok Dulu 12 Seleb Ini

Leah pun harus menjalani operasi jantung di Leeds General Infirmary untuk mengatasi infeksi tersebut. Setelah melewati delapan minggu masa pemulihan, Leah akhirnya diperbolehkan pulang.

“Kekhawatiranku adalah anak-anak yang pakai kawat gigi. Tapi bisa juga terjadi dari tindik kuping dan tato,” kata Andrea.

Setelah mengalami kejadian traumatis itu, keluarga Andrea dan Leah kini menggalang dana untuk yayasan Children’s Heart Surgery Fund. Yayasan tersebut fokus membantu anak-anak maupun orang dewasa dengan sakit jantung bawaan di Yorkshire dan Lincolnshire, Inggris. (hst/hst)

Sumber Berita

قالب وردپرس

author
Media Online yang menyediakan Berita serta Liputan yang Akurat dan Fakta secara Cepat

Related Post

Leave a reply