Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?

190 views
Jakarta – Umbi termasuk bahan makanan yang populer dijadikan gorengan. Mulai dari ubi hingga singkong enak jadi ‘teman’ menyantap teh.

Mengintip jenis gorengan di tukang gorengan pinggir jalan, ada beberapa jenis umbi yang dijual. Mulai dari ubi hingga singkong yang masing-masing punya penggemar. Selain rasanya gurih, gorengan umbi disukai karena sifatnya yang mengenyangkan mengingat umbi adalah sumber karbohidrat.

Berikut jenis-jenis gorengan umbi yang umum kamu temui. Mana nih yang jadi favorit?

1. Singkong

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: dok. detikFood
Singkong goreng biasanya dijajakan dalam potongan lumayan besar. Penjual akan mencari singkong empuk yang rasanya tidak pahit. Berbeda dengan ubi, potongan singkong digoreng dalam minyak banyak dan panas, tanpa tepung. Sebelumnya singkong juga dibumbui bawang putih dan garam untuk menghadirkan rasa gurih.

Selain dimakan langsung, singkong goreng bisa ditambahkan parutan keju atau susu kental manis. Jajanan ini sempat populer beberapa tahun lalu. Yang kekinian adalah singkong goreng isi lelehan keju mozzarella. Bernama Crispy Tapela, adonan singkong digoreng dengan balutan tepung roti.

Pilihan lain yang klasik dan enak adalah singkong goreng sambal. Di Manado, misalnya, singkong goreng dinikmati dengan cocolan sambal roa. Nah, kalau mau bikin singkong goreng dengan paduan sambal, resep INI bisa jadi panduan.

2. Ubi jalar

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: iStock
Siapa suka ubi goreng? Jenis gorengan ini dibuat dari potongan ubi jalar yang dibalut tepung terigu sebelum digoreng. Beberapa penjual gorengan masih menjajakan ubi goreng berbahan ubi putih atau kuning.

Ciri khas ubi goreng adalah teksturnya yang renyah di luar namun empuk dan berserat di bagian dalam. Pemilihan ubi yang matang membuat ubi goreng terasa sedikit manis.

Olahan ubi goreng lainnya adalah diiris korek api halus, digoreng lalu diaduk bersama gula merah cair dan dibentuk menjadi kremes ubi. Sementara versi kekiniannya adalah bola-bola ubi berbahan ubi yang dihaluskan.

Di Barat, ubi goreng umum diolah seperti kentang goreng. Dipotong memanjang lalu digoreng berlapis tepung hingga garing. Selanjutnya dinikmati dengan cocolan saus.

3. Talas

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock

Foto: iStock
Gorengan talas mungkin tidak umum, tapi umbian ini juga biasa digoreng. Untuk membuatnya, talas dikupas lalu dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera. Untuh menghilangkan getahnya, rendam talas segera di dalam air garam.

Setelah itu masukkan talas ke dalam larutan bumbu yang terdiri dari bawang putih, garam dan lada. Diamkan sekitar 15 menit lalu goreng talas di dalam minyak banyak dan panas. Talas gorengpun siap disantap.

4. Kentang

Ubi dan Singkong Goreng Renyah, Siapa Mau?Foto: iStock/detikFood

Foto: iStock
Kentang goreng bukanlah menu gorengan pinggir jalan. Umbian ini biasanya dijadikan French fries, sebagai teman menyantap fried chicken. Bentuknya bisa panjang lurus seperti French fries atau shoestring, panjang keriting seperti crinkle cut, spiral seperti curly fries, diparut dan dipadatkan menjadi hash brown, atau lebar dan tipis seperti keripik.

Yang terbaru adalah kentang goreng ekstra panjang. Kreasi viral ini dibuat sebuah restoran Jepang di Australia. Panjang kentang gorengnya mencapai 30,48 cm dengan pelengkap mayonnaise.

Tak harus beli di restoran, kamu bisa bikin kentang goreng enak sendiri di rumah. Langkah-langkah INI bisa dijadikan panduan. Kalau mau sedikit berbeda bisa coba kentang goreng saus telur asin.

(adr/odi)


Sumber Berita

قالب وردپرس

author
Media Online yang menyediakan Berita serta Liputan yang Akurat dan Fakta secara Cepat

Related Post

Leave a reply